Tokoh Filsuf Yunani Kuno Terkenal & Mempunyai Pemikiran Hebat

Terdapat berbagai tokoh filsuf Yunani Kuno yang terkenal dengan pemikiran hebatnya.

Dikutip oleh dari buku Seri Peradaban Besar Dunia Yunani Kuno oleh D.C. Tyas, Yunani Kuno adalah periode dalam sejarah Yunani yang berlangsung antara 1.000 tahun. Periode ini berakhir dengan kemunculan agama Kristen.

Dalam periode tersebut, lahir berbagai tokoh dengan pemikiran hebat. Siapa saja?

Tokoh Filsuf Yunani Kuno

Berikut ini berbagai tokoh filsuf Yunani Kuno dengan pemikiran hebat:

1. Parmenides

Parmenides berasal dari Elea, yaitu sebuah kota yang berada di wilayah Italia Selatan. Sosoknya dikenal sebagai tokoh pertama dalam filsafat yang mengembangkan bidang logika.

Parmenides juga dianggap sebagai tokoh filsafat modern pertama. Ia link sbobet mempunyai salah satu pandangan utama, yaitu realitas yang terdiri dari kesatuan di mana benda-benda tidak mengalami perubahan atau pergerakan.

2. Thales

Tokoh filsuf Yunani Kuno berikutnya adalah Thales yang dianggap Aristoteles sebagai sosok filsuf pertama dalam tradisi Yunani dan menjadi kontributor penting untuk kaum Barat.

Thales mengembangkan sistem dengan memandang air sebagai sumber semua materi. Tak hanya itu, ia juga terkenal karena meramalkan gerhana matahari pada 585 SM serta membawa konsep geometri ke Yunani dari Mesir.

3. Heraclitus

Heraclitus berasal dari Ephesus yang lahir pada 535 Sebelum Masehi dan meninggal pada 475 Sebelum Masehi. Ia merupakan seorang tokoh yang berperan penting dalam pemikiran klasik serta mengembangkan konsep bidang logika.

Heraclitus memperjelas segala hal dalam keadaan perubahan dan tidak ada keadaan yang tetap.

Frase yang diucapkan Heraclitus yang sangat terkenal adalah “panta rhei kai uden menci” dengan arti semua hal mengalir seperti aliran sungai serta tidak ada orang yang dapat masuk ke sungai yang sama dua kali.

Informasi Yunani Menarik Lainnya:

Indah Memesona, 6 Tempat Wisata Terbaik di Yunani

4. Democritus

Tokoh filsuf Yunani Kuno berikutnya adalah Democritus. Ia mempunyai tekad bahwa materi tersusun dari unit-unit yang tak terbagi, yaitu atom, yang berinteraksi secara mekanis.

Misalnya, ia berargumen bahwa atom udara berbeda dari atom besi. Perbedaan tersebut menentukan cara mereka berinteraksi. Selain itu, ia juga memandang akal sebagai sumber pengetahuan yang sah.

5. Pythagoras

Pythagoras adalah sosok yang ahli dalam Matematika. Sebagai pencetus konsep bilangan, ia begitu dihormati. Salah satu karya utamanya adalah Teorema Pythagoras yang masih diajarkan hingga kini.

Pada masa lalu, Pythagoras mempunyai pendapat bahwa kuadrat dari panjang sisi miring dalam segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat dari sisi lainnya.

Itu dia sekilas pembahasan mengenai tokoh filsuf Yunani Kuno dengan pemikiran hebatnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *