Bengkayang, sebuah kabupaten di Kalimantan rajazeus Barat, Indonesia, memiliki potensi wisata alam yang menarik, termasuk beberapa tempat wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui. Berikut beberapa contoh tempat wisata tersembunyi di Bengkayang:

  1. Air Terjun Long Pua:
    • Air Terjun Long Pua terletak di Desa Long Pua, Kecamatan Bengkayang. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati trekking yang menantang namun memberikan pengalaman petualangan yang menarik.
  2. Desa Adat Sui Langi:
    • Desa Adat Sui Langi merupakan salah satu desa adat Dayak yang masih mempertahankan tradisi dan budaya asli mereka. Pengunjung dapat melihat rumah tradisional, upacara adat, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Dayak di desa ini. Desa ini juga dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang indah.
  3. Danau Serangas:
    • Danau Serangas adalah danau yang terletak di Kecamatan Capkala, Bengkayang. Danau ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan air yang jernih. Pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.
  4. Pemandian Air Panas Singkawang:
    • Pemandian Air Panas Singkawang terletak tidak jauh dari kota Bengkayang. Tempat ini menawarkan kolam-kolam air panas alami yang diyakini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan otot. Pengunjung dapat bersantai dan menikmati air panas di tengah alam yang hijau.
  5. Gunung Lawu Bengkayang:
    • Gunung Lawu Bengkayang adalah gunung yang cocok sugar rush untuk pendakian bagi para petualang. Dari puncak gunung, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sekitar Bengkayang dan sekitarnya. Pendakian ke Gunung Lawu Bengkayang juga memberikan pengalaman petualangan yang menarik.
  6. Kampung Lasak:
    • Kampung Lasak adalah kampung tradisional yang terletak di lereng Gunung Lawu Bengkayang. Pengunjung dapat melihat kehidupan masyarakat lokal, kebudayaan, dan tradisi yang masih dijaga dengan baik di kampung ini. Selain itu, kampung ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Ketika mengunjungi tempat-tempat wisata tersembunyi seperti ini, penting untuk menghormati lingkungan dan budaya setempat serta mematuhi aturan dan petunjuk yang ada.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *